Sudah Cek Namamu di DPS?

 



Hai sahabat Pengawas, gimana kabarnya?semoga dalam keadaan sehat wal afiat ya?? Oiya Mau tanya dong Sudah Cek Namamu di DPS?Belum????Oke mungkin ada beberapa dari teman - teman yang masih kurang familiar dengan kata DPS ya. Oke saya akan jelaskan dulu apa itu DPS dan kenapa kita harus cek nama kita ada di DPS.


DPS atau Daftar Pemilihan Sementara merupakan hasil dari Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) yang dilakukan oleh PPS dan juga PPK. DPHP ini merupakan hasil dari proses pencoklitan beberapa waktu yang lalu. Dan kemudian hasil dari Coklit tersebut di Plenokan di tingkat kelurahan sampai kecamatan. Tentu saja ada kemungkinan beberapa perubahan. Biasanya karena ada saran dan perbaikan dari pengawas tingkat kelurahan atau kecamatan.

Nah, ketika hasil Rekapitulasi DPHP tersebut di Plenokan di KPU Tingkat Kota,maka DPHP berubah menjadi DPS.


cek juga : Pengawasan Tahapan pemutakhiran Data


Nah, ketika dari KPU Kota sudah menghasilkan DPS, maka hasil tersebut wajib di tempelkan di beberapa titik yang strategis dimana masyarakat bisa mengecek nama - nama dan juga TPS untuk Pemilu 2024. Dan selama masa pemasangan DPS tersebut, Masyarakat dan juga pengawas pemilu boleh memberikan Tanggapan Masyarakat sampai dengan Tanggal 2 Mei 2023.


Lalu apa saja hal yang harus diperhatikan masyarakat ketika mengecek DPS di kelurahan?


  1. Pastikan ada nama kita di dalam daftar DPS tersebut. Untuk mengecek nya bisa menjadi patokan adalah pada saat Coklit, teman teman dimasukan dalam TPS berapa maka TPS itulah yang dicek pertama kali.

  2. Ketika sudah di cek ada nama kita di TPS sesuai Coklit,maka hal yang kedua adalah pastikan bahwa satu Kartu Keluarga berada dalam satu TPS. Jangan sampai misal suami di TPS 3 sedangkan istri dan anak di TPS 2.


Lalu bagaimana ya kalau ternyata nama kita tidak ada di dalam DPS ?


Nah teman - teman boleh sekali untuk menghubungi pengawas pemilu setempat, bisa melalui Pengawas Pemilu Kelurahan atau langsung ke sekretariat Pengawas Pemilu Kecamatan yang kantornya ada di tiap Kecamatan.


Jangan lupa ya untuk cek namamu di DPS


Komentar

Postingan Populer